BEM VINDO KMANEK WAIN BA ITA BOT NIA HAKBESIKAN MAI,dezkulpa e brigado...ABC
Powered By Blogger

Jumat, 02 Maret 2012

Impian masyarakat Timor-Leste

Seluruh rakyat timor-leste memiliki impian dan harapan yang tinggi tentang jaringan pipa greater sunrise, jika greater sunrise  mensuplainya ke timor leste maka rakyat timor leste akan menigkatkan kehidupan mereka.
Sebab jaringan pipa greater sunrise akan membantu menbuka lapangan kerja di timor leste supaya masyarakat timor-leste bisa mendapatkan lapangan kerja untuk bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari mereka meskipun nantinya yg akan lebih menikmati para pejabat-pejabat timor leste atau orang-orang yang berkepentingan di pemerintah
           
            Justru sekarang banyak masyarakat yang kekurangan lapangan kerja  maka banyak orang terus meminta kepada pemerintah timor leste untuk menbuka lapangan kerja kepada mereka.
Masyarakat timor-leste  berharapan mereka bahwa pendapatan tentang jaringan pipa dari greater sunrise dapat memajukan pembangunan nasional, pertanian dan insfrastruktur.
           
            Rakyat timor-leste juga menganggap bahwa ini adalah bagian integral dari kampanye mereka untuk mengembangkan ekonomi Negara dengan investasi asing dan untuk mengoptimalkan keuntungan bagi rakyat timor leste dari sumber dana minyak dan gas di Negara timor leste.
           
            Menurut pemerintah AMP(2007) siap menbawa jaringan pipa dari greater sunrise ke timor-leste, karena ribuan pemuda di timor leste adalah penganguran dengan demikian  mereka begitu sangat mudah untuk di jadikan media kepentingan partai politik dalam mengapai ambisi mereka untuk memerintah yang mana setelah itu mereka akan tetap menjadi penganguran, dan masyarakat timor leste membutuhkan pemerintah yang setidaknya bisa mengorganisir mereka dalam menanfkahi kehidupan mereka sehari-hari salah satunya adalah dengan membuka lapangan kerja bagi mereka,bukan semata-semata demi kepentingan para elit politik dan jajarannya untuk mengapai kehidupan mereka masing-masing sedangkan masyarakat terus dibodohi dengan permainan politik mereka yang terus berkepanjangan sedangkan masyarakat pada umumnya seperti itu toh ga da perubahan dalam diri mereka
           
            Sebaliknya Negara woodside petroleum (1975) telah menksplorasi ladang greater sunrise sejak sebelum Indonesia mencaplok masyarakat timor leste.
            Meskipun woodside merupakan operator ladang greater sunrise hanya memiliki 33,44% proyek yang telah di satukan. Sedangkan saham lainnya di pegang oleh conocophillips (30%), shell (25,56%) dan usaha gas (10%).
           
            Baik pemerintah Australia Walaupun woodside telah lama mengkampanyakan agar jaringan pipa greater sunrise harus  bangun  di Australia bukan di timor-leste, karena alasan teknik, keuangan dan politik.
           
            Tetapi kalau memang ada kemungkinan itu bisa dilakukan di Timor Leste kenapa tidak? namun itu semua tnggung jawab pemerintah karena rakyat Timor Leste tidak bisa melakukan apa-apa mengingat pengetahuan mereka masih sangat minim untuk memperdebatkan hal itu dan lagi adakah lembaga resmi yang dengan jujur mendegarkan ataupun memperhatikan apa yang sedang mereka alami saat ini?
           
            Rakyat timor-leste berharap bahwa pendapatan dari minyak dapat mengubah impian menjadi kenyataan. Mereka berharap agar perusahaan-perusahaan asing, yang di undang oleh pemerintah menampung minyak dan gas di Negara timor-leste dengan baik, maka akan menyediakan lapangan kerja bagi penduduk lokal, membeli hasil pertanian dan produk Negara yang lain, menyewa lahan dan rumah mereka, dan menggunakan hotel dan restaurant yang di miliki dan di kelola masyarakat lokal. Banyak yang berharap terlibat dalam proses pembangunan ini dengan  menawarkan tenaga, barang, dan jasa mereka. Kita tidak ingin seperti Negara lain, dimana hanya menbiayayi pemerintah atau para koruptor sementara rakyat hampir tak memperoleh apapun yang diperoleh mereka hanyalah pengetahuan tentang konflik yang berkepanjangan dan mimpi yang berubah jadi angan-angan dan sebaliknya mimpi  berubah menjadi kenyataan hanya berlaku bagi para politisi dan jajaranya dan semakin memperjelas kalau nasaun Timor nia lalaok, ida serve mak povo laos povo mak ema serve

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mengenai Saya

Foto saya
Timor-Leste
"Berikanlah sedikit suara anda dan berikanlah sebnyak mungkin telinga anda"

Pengikut

Powered By Blogger